Saturday, April 11, 2020

Jenis Kapal Laut yang Menjadi Transportasi Air yang Sangat Penting

Geliat dan Tantangan Wisata Kapal Pesiar di Indonesia

Kapal dan perahu lainnya digunakan untuk transportasi laut. Jenis dapat dibedakan berdasarkan propulsi, ukuran atau jenis muatan. Kerajinan rekreasi atau pendidikan masih menggunakan tenaga angin, sementara beberapa kerajinan yang lebih kecil menggunakan mesin pembakaran internal untuk menggerakkan satu atau lebih baling-baling, atau dalam kasus kapal jet, jet air inboard. Di daerah dangkal yang dangkal, seperti Everglades, beberapa kerajinan, seperti hovercraft, didorong oleh penggemar pusher-prop yang besar.


Sebagian besar kapal dagang modern dapat ditempatkan di salah satu dari beberapa kategori, seperti:

Pengangkut curah

Seperti Sabrina I (lihat di sini), adalah kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut barang-barang muatan curah seperti bijih atau bahan makanan (beras, biji-bijian, dll.) Dan kargo serupa. Mereka dapat dikenali oleh palka besar seperti kotak di dek mereka, yang dirancang untuk meluncur keluar untuk memuat. Pembawa curah bisa kering atau basah. Sebagian besar danau terlalu kecil untuk menampung kapal-kapal curah, tetapi armada besar pengangkut danau telah menjelajahi Great Lakes dan St. Lawrence Seaway dari Amerika Utara selama lebih dari seabad.

Kapal kontainer 

Kapal kargo yang membawa seluruh muatannya dalam kontainer berukuran truk, dengan teknik yang disebut containerisasi. Mereka membentuk sarana umum angkutan barang antar moda komersial. Secara informal dikenal sebagai "kapal box," mereka mengangkut sebagian besar kargo kering dunia. Sebagian besar kapal kontainer didorong oleh mesin diesel, dan memiliki kru antara 10 dan 30 orang. Mereka umumnya memiliki blok akomodasi besar di buritan, tepat di atas ruang mesin.

Kapal pesiar 

Kapal penumpang yang digunakan untuk perjalanan kesenangan, di mana perjalanan itu sendiri dan fasilitas kapal dianggap sebagai bagian penting dari pengalaman. Cruising telah menjadi bagian utama dari industri pariwisata, dengan jutaan penumpang setiap tahun pada tahun 2006. Pertumbuhan industri yang pesat telah melihat sembilan atau lebih kapal yang baru dibangun melayani pelanggan Amerika Utara ditambahkan setiap tahun sejak tahun 2001, serta yang lainnya melayani Klien Eropa. Pasar yang lebih kecil seperti kawasan Asia-Pasifik umumnya dilayani oleh tonase yang lebih tua yang dipindahkan oleh kapal-kapal baru yang diperkenalkan ke daerah-daerah dengan pertumbuhan tinggi. Di laut Baltik, pasar ini dilayani oleh kapal pesiar.

Kapal multiguna

Digunakan untuk mengangkut berbagai barang dari komoditas curah untuk memecah kargo curah dan barang berat. Untuk memberikan fleksibilitas perdagangan maksimum, mereka biasanya diarahkan dan contoh modern dipasang untuk pengangkutan kontainer dan biji-bijian. Umumnya mereka akan memiliki pegangan terbuka besar dan tweendeck untuk memfasilitasi pengangkutan kargo yang berbeda pada perjalanan yang sama. Para kru akan sangat kompeten dalam mengamankan kargo curah dan kapal akan dilengkapi dengan berbagai cambukan dan peralatan lainnya untuk pengikatan laut.

Ocean liner

Kapal penumpang yang dirancang untuk mengangkut orang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain di sepanjang rute maritim jarak jauh reguler sesuai jadwal. Ocean liner juga dapat membawa kargo atau surat, dan kadang-kadang dapat digunakan untuk tujuan lain.
Ocean liner biasanya dibangun dengan freeboard tinggi untuk menahan laut kasar dan kondisi buruk yang dihadapi di laut terbuka, memiliki kapasitas besar untuk bahan bakar, makanan, dan bahan habis pakai lainnya dalam perjalanan panjang. Ini adalah kunjungan utama sebagian besar perusahaan angkutan penumpang, namun, karena pertumbuhan perjalanan udara, kapal penumpang mengalami penurunan yang stabil. Kapal pesiar kemudian mengisi kekosongan dan terutama digunakan oleh orang-orang yang masih mencintai laut dan menawarkan lebih banyak fasilitas dibandingkan dengan kapal penumpang yang lebih tua.

Kapal berpendingin

Kapal kargo yang biasanya digunakan untuk mengangkut komoditas yang mudah rusak yang memerlukan transportasi yang dikendalikan suhu, sebagian besar buah-buahan, daging, ikan, sayuran, produk susu dan bahan makanan lainnya.

Kapal roll-on / roll-off

Seperti Chi-Cheemaun, adalah kapal kargo yang dirancang untuk membawa kargo beroda seperti mobil, trailer atau gerbong kereta api. Kapal RORO (atau ro / ro) memiliki ramp bawaan yang memungkinkan kargo untuk secara efisien "terguling" dan "terguling" dari kapal saat berada di pelabuhan. Sementara feri kecil yang beroperasi melintasi sungai dan jarak pendek lainnya masih sering memiliki landai bawaan, istilah RORO umumnya dicadangkan untuk kapal laut yang lebih besar, termasuk kapal pembawa mobil / truk murni (PCTC).

Kapal Tanker 

Kapal kargo untuk pengangkutan cairan, seperti minyak mentah, produk minyak bumi, gas minyak cair (LPG), gas alam cair (LNG) dan bahan kimia, juga minyak nabati, anggur dan makanan lainnya - sektor kapal tanker terdiri dari sepertiga dari tonase dunia.

No comments:

Post a Comment